Angkutan laut

Pengangkutan barang antara pulau tidak mungkin dilakukan hanya dengan alat angkut darat, dibutuhkan alat angkut laut yaitu kapal.

Kapal laut dapat dibedakan atas beberapa jenis

  1. jenis kapal pengangkut yang belum menggunakan kontainer.
    Conventional Liner Vesell
  2.  jenis kapal pengangkut barang yang menyediakan sebagian tempat untuk kontainer.
    Semi Container Vesell
  3. jenis kapal tongkang yang khusus mengangkut barang-barang yang dikemas dalam kontainer dan berlabuh di dermaga atau pelabuhan peti kemas.
    Full Container Vesell

    Administrasi angkutan laut sedikit lebih panjang dibandingkan angkutan darat, sebab angkutan laut selalu berkaitan dengan system managemen pelabuhan.

Berdasarkan jenis pelayanannya maka angkutan laut dapat dibedakan atas beberapa h

  • Jenis pelayanan kapal yang memiliki jadwal tetap berdasarkan persetujuan di antara anggota perusahaan pelayaran dan adanya kesamaan dalam penentuan tarif B/L (Bill of Lading).
  • Jenis pelayanan yang ditentukan oleh harga pasa karena perusahaan pelayaran yang tidak ikut bergabung dalam kelompok perusahaan pelayaran,
  • Jenis layanan yang tidak memiliki armada pelayaran, namun menyediakan jasa pengurusan transportasi.  tarif yang dibayarkan kepada eksportir lebih murah atau rendah, karena perusahaan biasanya mendapatkan potongan harga dari perusahaan pelayaran apabila dapat menjamin banyaknya barang yang dapat diangkut oleh perusahaan pelayaran tersebut dalam satu tahun.
  • Jenis pelayaran kapal carter atau sewa untuk melayani pengiriman barang dalam jumlah besar dan homogen.

Demikian sekilas tentang jasa pengangkutan laut.

Tulisan ini dipublikasikan di jasa kirim mobil dan tag , . Tandai permalink.